Selasa, 08 April 2014

Sejarah Knalpot 

Sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita mengetahui asal-usul dan kegunaan kenalpot 







Fungsi Awal Knalpot
Sejarahnya Fungsi knalpot adalah untuk meredam Hasil ledakan di ruang bakar
Ledakan pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara tersebut /gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam suara atau muffler di dalam knalpot.
Inilah fungsi utama dari knalpot pada awalnya.
 


Perkembangan Teknologi terhadap Knalpot
Berdasarkan riset2 dan temuan (di serkitar tahun 1950 an ) ternyata knalpot dapat difungsikan sebagai penambah tenaga pada Engine (tapi saat itu masih Engine 2 Tak)
Pada saat itu tepatnya di Jerman ditemukan sistim Chamber (knalpot yg tengahnya gendut) mungkin kita sering lihat pada motor 2 tak (dan orang menyebutnya knalpot racing)
Sebenarnya ini adalah efek turbulensi yang dibuat optimal 


Cara kerja nya
Gas buang sisa pembakaran yang berkecepatan dan bertekanan sangat tinggi pada header pipe nya (leher Knalpot) dibuang dan berkumpul di perut knalpot, akibatnya lebih dari sebagian akan balik (efek turbulensi) ke header, membuat tekanan lebih tinggi lagi , menciptakan kompresi baru (yg lebih tinggi) sehingga power up hingga 30% ~ 35 %(untuk 2 tak) dengan hitungan yang tepat.

Hitungan gas buang ditentukan dengan satuan RE (Renold)
Pokok nya satuan ini menentukan bentuk aliran Fluida terhadap gas buang …jadi pendeknya ada Turbulen dan Laminer. Kalo hasil hitunganya > dari 2300 RE disebut Turbulen, tapi kalo < 2300 RE jadi laminer.
Turbulen berbentuk gelombang sedang laminer berbentuk garis lurus , pada gas buang sebenarnya masih terdapat sisa BBM yg belum terbakar jadi kalau turbulen (gelombang) akan membalikan sisa tersebut ke ruang bakar sehingga pembakaran akan bertambah sekaligus menciptakan tenaga daya dorong yang tinggi jadi kecepatan motor pun bertambah.

Pada Engine 4tak juga sama ,hanya saja pada Engine 2tak pembakaranya tidak lebih bersih sehingga kalau di turbulens (kembalikan dibakar) materialnya lebih banyak dari 4tak.
Tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga 20% bahkan 30% hanya dengan memakai knalpot high performance yang dirancang khusus dengan tujuan meningkatkan performa secara optimal.


BERAPA DESIBEL KETENTUAN
UNTUK KNALPOT RACING ??
 
Tidak ada standard untuk itu (apa lagi di Indonesia).
Sebenarnya harus riset dulu baru di sepakati. Standard 80 Desibel ~ 90 Desibel itu kan sebenarnya ambang batas polusi suara di Pabrik berdasarkan ISO 14001 atau ambang batas yg di ijinkan (walaupun belum jelas). Pada stationer dan RPM tinggi akan beda suaranya, yang pasti untuk mesin yang di gas (RPM tinggi) tdk mungkin dibawah 95db sedangkan suara gesekan ban pada jalan tol aja sudah 95 desibel…..ya kan? 


Nah lagi-lagi nonton video jangan bosen-bosen ya.....di mana sebelumnya kita telah melihat video cara pembuatan piston dan cam....nah sekarang giliran kenalpot....memang ketiga bneda ini adalah benda yang paling umum di bicarakan di dunia motor khususnya balap...tentunya teman-teman ingin tau juga dong bagaimana proses pembuatannya...yu langsung aja kita saksikan




mengenal Powerbomb & Megabomb pada leher knalpot

powerbomb megabomb pada motor sport entry level 250cc http://adf.ly/OJPqx

powerbomb pada minerva GTR


Secara Umum MegaBomb atau PowerBomb adalah solusi instan untuk peningkatan performansi atau istilah umumnya adalah tenaga/daya motor. Klaim dari penjual atau pabrikan dengan penggunaan alat ini akan didapat peningkatan 3-5 HP. PowerBomb atau MegaBomb ini adalah pengganti header standard (stock) dengan disain yang berbeda. Pasangannya dipersyaratkan tidak dengan knalpot (exhaust) standard – harus menggunakan knalpot racing.
Dengan harga dibawah US$ 200, dirasa kenaikan power sebesar 3-5HP cukup murah kan??
powerbomb megabomb pada motor sport entry level 250cc http://adf.ly/OJPqx
PowerBomb


PowerBomb adalah sejenis header yang sudah dipatenkan oleh FMF untuk kendaraan roda2 4-tak (four stroke). Penggunaan terminologi “bomb” disini adalah peningkatan kinerja mesin sebagai hasil sebuah kontraksi saluran pembuangan pembakaran.
Menurut si pembuat, hasil dari PowerBomb ini adalah peningkatan aliran udara hampir 10%! Ruang yang ada dalam PowerBomb (disebut chamber) memungkinkan udara yang ada di dalam saluran semakin besar, semakin dingin dan bisa kembali dengan kecepatan yang lebih tinggi. Selain itu, PowerBomb dapat membantu untuk menurunkan suara keluaran knalpot dengan cara menyerap suara sehingga pada saluran gas buang (exhaust pipe) suara bisa lebih rendah.
Ruang yang ada dalam PowerBomb (chamber) memiliki 2 fungsi. Pertama adalah sebagai pre-muffler yang berfungsi menurunkan suara dan kedua adalah meningkatkan volume udara yang masuk ke dalam chamber. Ketika gas buang tadi masuk ke dalam chamber, udara akan mengembang dan kemudian menjadi dingin sehingga terjadi kontraksi udara. Peningkatan volume dan kontraksi ini pada akhirnya mempercepat pembuangan melalui header. Proses ini juga menghasilkan efek pembilasan pada saluran gas buang yang menyebabkan udara segar dan tekanan bahan bakar dapat masuk lebih cepat ke ruang bakar (silinder). Otomatis proses ini pembakaran menjadi lebih efisien dan menghasilkan tenaga yang lebih besar.

Harus diperhatikan disini, diameter header yang lebih besar tidak menjamin akan mendapatkan tenaga tambahan yang lebih besar. Diameter yang terlalu besar akan berdampak pada tekanan balik (backpressure) pada saluran gas buang yang berdampak pada kurangnya tenaga bawah untuk atau power band yang tidak merata.
powerbomb megabomb pada motor sport entry level 250cc http://adf.ly/OJPqx
MegaBomb

Megabomb pada prinsipnya MegaBomb menggunakan platform teknologi PowerBomb. MegaBomb menjanjikan peningkatan performansi yang lebih tinggi dibandingkan dengan PowerBomb.
Apa yang membuat MegaBomb jadi berbeda?
Ada dua aspek kunci:
powerbomb megabomb pada motor sport entry level 250cc http://adf.ly/OJPqx
Pertama gas buang lebih yang diambil, semakin baik. Perumpamaannya adalah seperti perbedaan antara selang taman dan selang kebakaran (beda ukuran sama fungsinya).
kedua adalah perbedaan kinerja dengan header yang lebih pendek, over-rev yang lebih baik, atau dengan header panjang dengan low-end torsi yang tinggi.
MegaBomb umumnya digunakan untuk balapan di supercross yang memang membutuhkan peningkatan tenaga bawah yang spontan pada jalur atau track yang sempit.
Keunggulan yang ditawarkan oleh MegaBomb :
• Mengurangi output suara sebanyak 1.5dB
• Lebih kuat (usia teknis lebih lama)
• Bisa dengan kombinasi header panjang atau header pendek
• Peningkatan tenaga bawah hingga mid-range
powerbomb megabomb pada motor sport entry level 250cc http://adf.ly/OJPqx
Dari forum2 yang saya dapatkan, pengguna atau user ternyata memiliki pandangan yang berbeda-beda:
MegaBomb lebih terasa peningkatan tenaga bawah (low-end power)cocok untuk sirkuit yang memiliki karakter tikungan pendek dan patah-patah
PowerBomb lebih terasa peningkatan pada tenaga atas (top-end power) cocok untuk sirkuit yang memiliki karakter trek lurus panjang.
MegaBomb sering dikeluhkan dengan “burning problem”. Karena bulatan chamber yang cukup besar dan panas sering membakar celana, sepatu bahkan kulit pemakainya.
Efek akan lebih besar jika dikombinasikan dengan pembenahan system elektronik seperti penggunaan Power Commander yang bisa mengatur ulang pengapian dan pasokan udara yang masuk ke ruang bakar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar